Senin, 22 Juni 2020


3 Hal Manfaat Dari Kegiatan Di Grup Belajar Menulis

Cukup terkejut ketika buka WAG BELAJAR MENULIS sudah ada tugas dadakan membuat tulisan. Melirik jam ternyata perintah baru dibuat. Akhirnya mata saya berjalan menelusuri judul yang sudah ditentukan oleh narasumber.  Sepertinya saya jatuh cinta pada judul 3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis. Setelah agak ragu mau ambil judul diatas ini atau dibawahnya.Dengan ucapan bismilah akhirnya kuantapkan diri saya untuk fokus pada pandangan pertama yaitu tentang “ 3 Hal Manfaat Kegiatan di Group Belajar Menulis”.
Akhirnya saya menerawang kembali ke belakang mengingat kembali kenapa sampai saat ini saya masih tetap bertahan dan mengikuti kegiatan menulis ini. Ternyata mula mula saya kepikiran untuk membuat sebuah buku yang bisa diterbitkan dengan ISBN. Tujuan akhirnya pasti akan saya manfaatkan sebagai syarat kenaikan pangkat saya nantinya. Sejujurnya saya tidak pernah tahu bagaimana cara menulis, harus bagaimana dan banyak pertanyaan di benak saya. Namun dengan bergabung di group belajar menulis ini membuat saya melek literasi. Ternyata saya masih sangat kurang membaca dan malas belajar......OMG. Ini adalah manfaat pertama buat saya
Akhirnya masuklah sesi belajar menulis dibawah bimbingan bapak Wijaya Kusuma (lebih suka dipanggil OMJAY) yang baik hati dan tidak sombong untuk selalu menginspirasi kita dalam menulis, dan yang tidak kalah keren adalah bapak Bambang Purwanto(lebih keren dipanggil MrBams)sebagai moderator pada group kami Belajar Menulis Gel 10. Baru pertama kali saya mengikuti kuliah online dengan memanfaatkan WAG. Saya perhatikan bagaimana cara belajar dengan memanfaatkan sosmed WA ini. Rasanya saya bisa melakukannya untuk mengajar bersama siswa saya jika kita masih harus Work From Home. Ini adalah manfaat kedua buat saya
Syarat utama untuk bergabung di group belajar menulis ini adalah memiliki blog sebagai sarana untuk menulis. Dengan terpaksa walau ragu ragu karena baru pertama kali menulis dalam blog akhirnya saya memiliki blog juga. Setiap sesi selesai kuliah kita diminta untuk membuat resume dari apa yang sudah disampaikan oleh nara sumber. Ternyata Nabi Muhamad juga mengajarkan “Ikatlah Ilmu dengan Menulis”. Alhamduliah maju satu langkah karena sebelumnya diam di desa tidak bisa melihat luasnya Indonesia dan hebatnya guru guru yang ada di Indonesia. Lewat walking blog saya banyak belajar cara menulis teman teman yang sudah terlebih dahulu nge blog, belajar mengetahui berbagai macam budaya yang ada di Indonesia. Juga mengetahui kreatifitas dari guru guru hebat yang penuh semangat belajar tak kenal usia. Berani menulis di blog adalah manfaat ke tiga buat saya
Ternyata saya menikmati hari hari sibuk saya untuk terus mengikuti kuliah di WAG ini karena ternyata banyak narasumber yang sangat menginspirasi saya untuk terus belajar dan belajar. Sebenarnya banyak manfaat yang ingin saya tulis di sini. Namun WAG menulis mulai ramai saya cek ternyata sudah banyak yang mengumpulkan. Akhirnya saya harus menutup sampai disini dulu cerita saya tentang manfaat belajar menulis.

6 komentar:

  1. Wah....hebat sudah jadi tantangan dari pak Agus sampurno.semoga saya bisa nyusul nulisnyaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Ayoooo sehat kan dulu. Lanjut menulis

    BalasHapus
  3. Belajar sepanjang hayat....😬😬😬

    BalasHapus
  4. belajar belajar dan belajar, salam literasi

    BalasHapus