Selasa, 14 Juli 2020


GURU MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU


Malam ini nara sumber special adalah Bapak Drs. Jumanto, M.Pd. Beliau lahir di Sragen, 21 Januari 1966. Menganut agama Islam. Kontak beliau 0295 6980952 / 0812 2847 9811. Email pgrirembang17@gmail.com. Beliau menempuh jenjang study Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian melanjutkan ke Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jenjang karier yang beliau tapaki antara lain sebagai Pengawas Sekolah Kabupaten Rembang,  Ketua PGRI Kabupaten Rembang.
Berikut adalah karya yang membanggakan dengan judul judul :
  1. KAJIAN DAN ANALISIS BUKU PELAJARAN UNTUK SMP
  2. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII
  3. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII
  4. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS IX
  5. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS X
  6. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS XI (IPS/IPA)
  7. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA /MA KELAS XI (BAHASA)
  8. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/MA KELAS XII (IPS/IPA)
  9. TERAMPIL BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/MA KELAS XII (BAHASA)
  10. MENULIS BUKU ITU GAMPANG (Panduan Praktis Menulis Buku )
  11. Hasan Sang Perintis ( Buku Fiksi)
  12. Jamal Sang Pendobrak (Buku Fiksi)
  13. Citra Sang Penerus (Buku Fiksi)

Menurut Bapak Jumanto penulis yang hebat tentu mempunyai motif yang berbeda beda namun kebanyakan penulis pemula motifnya seneng. Motif seneng adalah motif tingkatan terakhir yang tertinggi karena seneng adalah terpengaruh oleh religiusitas kita.Beliau mengawali rutinitas menulis dari menulis puisi. Menulis puisi itu mudah. Setiap ada ide maka di tulis. Selingan dari menulis puisi kadang menulis cerita pendek.
Tahun 2004 beliau mulai ditantang oleh Prof. Dr. Sarwiji Suuwandi untuk menulis Buku Ajar. Prof Sarwiji memberikan tantangan karena beliau selaku guru meneliti buku-buku pelajaran yang dipakai di sekolah. Dengan bimbingan Prof Sarwiji beliau dapat menyelesaikan 3 buku ajar untuk SMP dan 5 buku ajar untuk SMA.
Satu bulan pertama hanya menyelesaikan 1 buku ajar untuk kelas VII SMP/Mts. Buku ajar untuk  kelas VIII dapat selesaikan 2 minggu. Selanjutnya beliau dapat menyusun naskah buku untuk kelas IX dan untuk SMA rata-rata dalam waktu 2 minggu. Buku-buku tersebut dinilaikan ke Pusat Perbukuan. Proses selanjutnya harus belajar mengedit berdasarkan catatan-catatan dari tim penilai. Pendapatan penulis menurut beliau jauh dari pendapatan seorang guru PNS. Selain dari hasil jual naskah buku, juga mendapat honor dari editor. Setelah proses penilaian buku selesai dan buku sudah mendapatkan SK penetapan, maka buku siap diterbitkan.
Tantangan baru datang dari Bapak Direktur Penerbit SIC. Karena bapak Jumanto dianggap cocok menjadi marketing. Ada keraguan karena bisakah menjalani sambil menjalankan tugas sebagai guru PNS? Ketika pemerintah meluncurkan istilah BSE. Buku-buku ajar yang ditulis oleh penulis buku secara indi maupun lewat penerbit dan lulus penilaian dibeli oleh pemerintah. Buku tersebut diberi HET. Pihak ketiga boleh mencetak buku tersebut dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah. Di masa buku BSE tersebut, beliau mendirikan penerbit untuk mengajukan izin mencetak  BSE.
Kegiatan beliau sangat banyak dari penulis, editor, marketing, manager. Keempat aktivitas ini di lakukan sampai sekarang. Di PGRI Jateng mendapat tugas sebagai Ketua Badan Penerbitan PGRI Jateng dengan Penerbit PGRI Jateng Press PGRI Jateng Press siap membantu menerbitkan buku penulis pemula
Menurut bapak Jumanto kebiasaan menulis jika sudah berjalan dengan lancar maka saatnya menulis dengan arah yang khusus atau menulis untuk tujuan tertentu atau pembaca tertentu misalnya pembaca untuk anak TK untuk anak SD, SMP juga untuk anak SMK atau untuk anak SMA atau bahkan untuk umum. Tulisan tulisan yang mengalir dengan mudahnya itu akan lebih baik apabila mengikuti arah calon pembacanya dalam hal ini diharap mengikuti ketentuan di undang undang perbukuan..
Pada malam hari ini beliau fokus membahas menulis yang non buku pelajaran, karena dapat leluasa menggali ide untuk menuliskan apa yang ada dipikiran para peserta belajar menulis asuhan Omjay. Menulis itu mudah, inspirasi akan muncul sewaktu waktu. Jika ide atau inspirasi muncul ketika kita sibuk maka tulislah pokok pokoknya yang selanjutnya nanti ditulis dalam outline. Outline akan menuntun kita agar lancar dalam menulis.
Di akhir sharing pengalaman beliau menyampaikan gagasan yang sering dilontarkan oleh Omjay apakah dengan menulis bisa menjadi kaya itu istilahnya motif jenang cari jenang apakah dengan nulis kita akan bahagia kita akan mencari senang apakah menulis kita akan menjadi terkenal atau karir kita akan naik itu adalah dengan dapat jeneng tentu saudara saudara akan mendapatkan sesuai yang diharapkan tapi jangan lupa akhir dari menulis sebenarnya ada dikata senang dengan senang kita akan mendapatkan jenang atau dapat pendapatan kita juga akan dapat jeneng atau kita akan karir kita ataunama kita akan dikenang.

6 komentar:

  1. Mantul resumenya Bu..
    Salam kenal ya Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih sudah singgah salam kenal kembali🙏🙏

      Hapus
  2. Bagus bu terus menulis...salam sukses dan salam kenal...

    BalasHapus
  3. Mantap Bu Dyah, salam kenal Bu...silakan mampir juga ya bu di......https://praptiprayitno.blogspot.com/2020/07/tips-kreatif-menulis.html

    BalasHapus